Pages

Kamis, 15 April 2010

PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI


DI PT TELKOM KANDATEL CIANJUR


PENGOPERASIAN SISKA

(SISTEM INFORMASI KASTAMER)


Laporan

diajukan untuk memenuhi salah satu syarat

Kenaikan Kelas

pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pacet Cianjur

Tahun Pelajaran 2009/2010



oleh

VINA HARTATI

9927316014

image001


PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PACET

CIANJUR

2009



LEMBAR PENGESAHAN 1

Laporan ini disetujui dan disahkan dari pihak PT TELKOM KANDATEL CIANJUR pada

hari :


tanggal :











Cianjur, Desember 2009



Pembimbing Lapangan,



Djaka Widayat

NIK 590529


Pimpinan HRD,



Tadjudin

NIK 561149


Mengetahui


Pimpinan Perusahaan



Yudi Mulyadi

NIK 670173


LEMBAR PENGESAHAN 2

Laporan ini disetujui untuk diuji dan disahkan dari pihak sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pacet Cianjur pada

hari :


tanggal :














Cianjur, Desember 2009


Pembimbing I,



Budi Yuliana Rahayu, S.Pd.

NUPTK 5142760662200023


Pembimbing II,



Budi Yuliana Rahayu, S.Pd.

NUPTK 5142760662200023



Mengetahui


Kepala SMK Negeri 1 Pacet Cianjur



Akib Ibrahim, S.Pd., MM.

NIP 196407151988031008


Ketua Program Keahlian,



Dendi Rahmawan, S.Hut.

NUPTK 8849756658200012



KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah swt. karena dengan nikmat dan hidayah-Nyalah kita masih ada dalam lindunganNya, dan dengan kasih sayang-Nyalah memudahkan penyusun dalam menyusun laporan ini. Shalawat dan salam semoga selalu terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad saw. yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah menuju jaman ilmiah.

Alhamdulillah pembuatan laporan praktik kerja industri di PT Telkom Kandatel Cianjur telah selesai disusun, walaupun banyaknya kendala-kendala yang penyusun hadapi dalam penyusunan laporan ini. Akan tetapi dengan banyaknya dukungan, bantuan dan masukan dari semua pihak, membuat penyusun termotivasi untuk menyelesaikan laporan ini.

Untuk itu ucapan terima kasih penyusun ucapkan kepada:

1) Bapak Akib Ibrahim S.Pd., MM selaku Kepala SMKN 1 Pacet.

2) Bapak Dendi Rahmawan, S.Hut selaku Ketua Jurusan TKJ.

3) Bapak Budi Yuliana Rahayu S.Pd. selaku Pembimbing Prakerin.

4) Ibu Erlin Yulianti selaku Wali Kelas XI TKJ 1.

5) Bapak Yudi Mulyadi selaku General Manager PT Telkom Kandatel Cianjur.

6) Bapak Tadjudin selaku Pimpinan HRD.

7) Bapak Djaka Widayat selaku Pembimbing di PT Telkom Kandatel Cianjur.

8) Seluruh Karyawan PT Telkom Kandatel Cianjur.

9) Seluruh Guru dan Staf Tata Usaha SMKN 1 Pacet.

10) Orang tua beserta keluarga yang selalu mendukung baik secara moril maupun material.

11) Semua pihak yang turut membantu dalam pelaksanaan prakerin yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu.

Penyusun menyadari bahwa laporan prakerin ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penyusun sangat mengharap adanya saran, masukan maupun kritikan yang membangun guna melengkapi kekurangan laporan ini. Semoga laporan yang sederhana ini dapat memberi manfaat kepada kita semua.


Cianjur, Desember 2009


Penyusun


MOTTO


Enjoy Your Life”



BAB I PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Praktik Kerja Industri

Lembaga pendidikan sebagai satu-satunya wadah untuk mencerdaskan dan membentuk sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing, membentuk watak dan jiwa sosial, berbudaya, berakhlak dan berbudi luhur, serta berwawasan pengetahuan yang luas dan menguasai perkembangan teknologi. SMKN 1 Pacet menjalankan tugasnya sebagai lembaga pendidikan guna menjalankan pelaksanaan pendidikan dengan program pendidikan sistem ganda yaitu selain hanya mendapatkan pendidikan di lingkungan sekolah peserta didik juga melaksanakan praktik kerja industri untuk lebih mengembangkan wawasan, melatih mental dan mempunyai pengalaman bekerja sesuai dengan program keahlian.

Pelaksanaan praktik kerja industri sangat penting bagi siswa guna menunjang kesiapan untuk bekerja setelah lulus dari SMK, sebagaimana visi dan misi SMK yang diantaranya adalah menciptakan siswa yang siap bekerja sesuai dengan program keahlian yang dikuasainya dan diharapkan bisa berwirausaha serta menciptakan lapangan kerja.

1.2 Tujuan Praktik Kerja Industri

Praktik Kerja Industri adalah media pembekalan bagi siswa untuk lebih menambah pengetahuan, keterampilan dan penguasaan teknologi serta memberikan pengalaman kerja nyata di dunia usaha atau di dunia industri. Selain merupakan salah satu bagian dari program pendidikan sistem ganda praktik kerja industri sangat dibutuhkan untuk penguasaan kompetensi siswa dengan program keahliannya dan untuk pembentukan sikap profesional guna mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja.

Seperti tercermin dalam tujuan pendidikan dan pelatihan di SMK, yaitu:

1) Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di sekolah terutama untuk, dan dasar dasar keahlian yang kuat dan benar melalui pembelajaran membekali peserta didik mengembangkan kepribadian, potensi akademik program normatif, adaptif dan produktif.

2) Pendidikan dan pelatihan kerja terutama bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar peserta didik menguasai kompetensi keahlian produktif standar, nilai dan budaya industri yang berorientasi kepada standar mutu, nilai nilai ekonomi dan jiwa kewirausahaan serta membentuk etos kerja yang kritis, produktif dan kompetitif.

1.3 Tujuan Penulisan Laporan

Laporan yang ditulis merupakan hasil pengamatan, penelitian dan kegiatan praktik kerja industri selama 4 (empat) bulan di dunia usaha atau dunia industri. Laporan ini ditulis utamanya untuk pertanggungjawaban setelah siswa melaksanakan praktik kerja industri dan juga supaya diketahui oleh pihak sekolah tentang perkembangan kompetensi siswa untuk lebih bisa meningkatkan kualitas pendidikan.

Adapun beberapa tujuan penulisan laporan ini diantaranya:

1) Memenuhi salah satu syarat kenaikan kelas tahun ajaran 2009/2010.

2) Mengimplementasikan pengalaman praktik kerja industri yang telah dilaksanakan menjadi karya tulis yang berbentuk materi dan diharapkan bisa dipelajari oleh semua pihak.

3) Memperluas dan memperdalam kemampuan dan pengetahuan untuk lebih memantapkan serta mengembangkan program pendidikan khususnya kompetensi program keahlian.

1.4 Masalah yang Dikaji

Dalam pelaksanaan praktik kerja industri yang berlangsung selama 4 (empat) bulan di PT Telkom Kandatel Cianjur, penyusun mengambil tema permasalahan mengenai bagaimana cara mengoperasikan aplikasi SISKA untuk mencetak surat perintah kerja atau yang disebut work order gangguansebagai langkah awal untuk menangani gangguan telefon. Aplikasi SISKA (sistem informasi kastamer) adalah suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengelola data-data yang ada mulai dari data jaringan, data pelanggan, dan data abonemen pelanggan.


BAB II SEJARAH PERUSAHAAN


2.1 Nama Perusahaan dan Tempat Prakerin

2.1.1 Keterangan Singkat PT Telkom Kandatel Cianjur

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. atau dikenal dengan PT Telkom adalah perusahaan penyedia jasa informasi dan komunikasi dengan produk unggulannya adalah Telefon Jaringan (Telefon Rumah Telkom dan Telefon tanpa Jaringan/Wireless FLEXI).

Adapun sejarah singkat PT Telkom adalah sebagai berikut:

1) Era Kolonial

Pada tahun 1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi kemudian dirubah oleh Pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan Post Telegraaf Telefoon (PTT).

2) Perusahaan Negara

Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).

3) Perumtel

Pada tahun 1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Tahun 1980 seluruh saham PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat) diambil alih oleh pemerintah RI menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel. Pada tahun 1989, ditetapkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi.

4) PT Telkom (Persero)

Pada tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.

5) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Pada tanggal 14 November 1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham TELKOM. Sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo.

Tahun 1999 ditetapkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Penghapusan Monopoli Penyelenggaraan Telekomunikasi. Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan diregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomunikasi Indonesia.

Tahun 2001 TELKOM membeli 35% saham Telkomsel dari PT INDOSAT sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dan INDOSAT. Sejak bulan Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.

2.1.2 Visi dan Misi PT Telekomunikasi Indonesia

1) Visi Perusahaan

To become a leading InfoCom player in the region”

Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.

2) Misi Perusahaan

Telkom mempunyai misi "One Stop InfoCom" dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.

Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.

2.1.3 Logo PT Telekomunikasi Indonesia

image002

Gambar 1. logo PT Telkom

2.1.4 Alamat PT Telkom Kandatel Cianjur

PT Telkom Kandatel Cianjur beralamat di Jalan Siliwangi No.01 Desa Pamoyanan Kec. Cianjur Kab. Cianjur 43211 Jawa Barat No. Telefon (0263) 263757.


BAB III

PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI


3.1 Kegiatan Praktik Kerja di PT Telkom Kandatel Cianjur

3.1.1 Penempatan Kerja Selama Prakerin dan Waktunya

Pelaksanaan praktik kerja industri di PT Telkom Kandatel Cianjur berlangsung selama 4 (empat) bulan, dimulai pada tanggal 04 Agustus 2009 sampai dengan tanggal 04 Desember 2009.

Selama pelaksanaan prakerin peserta didik ditempatkan di bagian gangguan dan pasang baru telepon dengan waktu pelaksanaan kegiatan kerja yang normal pada umumnya, peserta didik diwajibkan hadir dari hari Senin sampai dengan Jum’at dengan waktu kerja dari mulai pukul 07:30 sampai dengan pukul 16:30 dan istirahat pada pukul 12:00 sampai dengan pukul 13:00. Berikut tabel pelaksanaan kegiatan kerja di PT Telkom Kandatel Cianjur:


















Jam


Keterangan


07:30 s.d. 12:00


Melaksanakan kegiatan kerja


12:00 s.d. 13:00


Istirahat dan solat


13:00 s.d. 16:30


Melaksanakan kegiatan kerja


16:30


Pulang

Tabel 1.Jadwal Kegiatan Prakerin

3.1.2 Uraian Tugas yang Dilaksanakan

Pelaksanaan prakerin di PT Telkom Kandatel Cianjur peserta didik diberikan tugas mengenai cara-cara mengoperasikan SISKA.

Adapun uraian tugas yang dilaksanakan adalah sebagai berikut:

1) Monitoring COC (control operational center) dan SISKA (sistem informasi kastamer).

2) Menerima dan mencetak work order gangguan di SISKA yang masuk melalui COC maupun manual.

3) Mendistribusikan work order gangguan ke petugas gangguan.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan komunikasi yang mengakibatkan bertambahnya para pelanggan telkom, maka dirasa perlu ada aplikasi baru sebagai inovasi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan terhadap pelanggan terutama pelanggan pada Cluster Corporate dan bisnis disamping tidak mengabaikan pelayanan prima kepada pelanggan Residensial dan Sosial.

SISKA adalah sebuah aplikasi internal telkom yang mengelola data pelanggan dengan sekuritas dan akurasi data yang tinggi, yang berfungsi untuk mengelola data-data yang ada mulai dari data jaringan, data pelanggan, data service level guaranty for customer (Segmentasi layanan), dan data abonemen pelanggan.

Sementara yang berhak untuk mengakses data-data SISKA hanya dikhususkan untuk karyawan Telkom.

Manfaat SISKA antara lain sebagai berikut:

1) Meningkatkan mutu pelayanan data jaringan

2) Pemrosesan alamat billing yang cepat dan akurat

3) Optimalisasi petugas jaringan

Sedangkan COC adalah aplikasi data yang hampir sama dengan SISKA namun COC juga mengambil data dari SISKA, yang berguna untuk mengontrol menejemen se-Jawa Barat atau se-Indonesia secara online (dari internet), isi dari COC diantaranya terdiri dari meu gangguan, komersial dan teknikal.

3.1.3 Alat dan Bahan yang Digunakan

Alat dan bahan merupakan faktor penting penunjang dalam melaksanakan kerja yang efektif sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Begitupun dalam pengoperasian SISKA, ada beberapa alat dan bahan yang digunakan yaitu:

1) Komputer PC 1 (satu) unit lengkap untuk mengoperasikan SISKA.

2) Printer jenis dot metrik merk Epson LX-300+ untuk mencetak data work order gangguan.

3) Pesawat telepon untuk menghubungi petugas di lapangan.

3.1.4 Prosedur Pelaksanaan Kerja

Prosedur pelaksanaan kerja merupakan standar langkah-langkah kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Dalam laporan ini akan dijelaskan bagaimana prosedur atau langkah-langkah mengoperasikan SISKA untuk menangani gangguan telefon Cianjur. Pada aplikasi SISKA terdapat beberapa menu pokok yaitu: komersial, jaringan dan gangguan. Berikut ini beberapa cara dan langkah-langkah mengoperasikan SISKA untuk mencetak work order gangguan.

Untuk memulai atau membuka program aplikasi SISKA ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1) Nyalakan komputer, double klik pada icon SISKA di desktop untuk memulai pengoperasian.





image005

Gambar 2.Tampilan Desktop Icon Siska

2) Muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu pilih Connect.





image006



Gambar 3. Koneksi ke SISKA


3) Login untuk masuk SISKA.








image007



Gambar 4. Login ke SISKA





4) Kemudian tekan Enter sampai muncul tampilan seperti berikut. Program aplikasi SISKA sudah dapat digunakan.








image008



Gambar 5. Jendela Program Aplikasi SISKA


Setelah aplikasi SISKA terbuka lalu minimalkan, dan mulai membuka program COC dengan mengikuti langkah berikut ini:


1)








image009
Double klik pada icon COC di desktop. Klik pada menu gangguan lalu pilih submenu gangguan in progress.

Gambar 6. Jendela Control Operational Center







image010
2) Untuk melihat jumlah gangguan klik pada angka 6 (enam) di kolom TE atau bisa juga klik angka 7 (tujuh) di kolom DI. TE adalah kolom untuk gangguan berstatus test sedangkan DI adalah gangguan dengan status delivery yaitu gangguan sudah dijadwal melaui SISKA.

Gambar 7. Tabel Data Gangguan Telefon






image011
Gambar 8. Detail Data gangguan


Setelah kedua aplikasi di atas berada dalam posisi siap digunakan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1) Masuk COC, klik angka pada kolom TE lalu amati berapa jumlah gangguan yang masuk dan terdiri dari regu berapa saja jika gangguan masuk lebih dari 1 (satu) pelanggan.

2) Kemudian masuk ke SISKA, pilih menu gangguan, lalu pilih manaj_gangguan, kemudian pilih kirim_dg_jadual selanjutnya tekan enter.






image012















Gambar 9. Penjadwalan Gangguan


3) Isikan data regu gangguan di bawah ini yaitu dengan cara menekan tombol F12 lalu pilih isian data yang sesuai tekan enter.
image013

Gambar 10. Isian Data Regu Gangguan


4) Setelah itu muncul tampilan seperti di bawah ini, tunggu sampai tanda underscore berpindah ke nama regu barulah gangguan bisa dijadwal dengan menekan tombol PageDown dan F6 kemudian enter sampai muncul kotak dialog selesai pemrosesan, konfirmasi pilih yes.





image014
















Gambar 11. Tampilan Manajemen Penjadwalan





5) Untuk mencetak work order masuk ke menu gangguan, manaj_gangguan lalu pilih cetak spk gangguan. Tekan enter
image016

Gambar 12. Proses Mencetak Work Order



6) Pilih cetak spk menurut kode cetak, tekan enter
image017

Gambar 13. Kriteria Untuk Print out Work Order


7) Setelah muncul tampilan seperti berikut tekan F12 lalu pilih J1 Ggn Jarlok Cianjur, kemudian tekan Enter muncul konfirmasi pencetakan pilih yes.
image018

Gambar 12. Tampilan Konfirmasi Pencetakan

8) Setelah semua langkah sudah selesai printer mulai mencetak work order kemudian work order tersebut di distribusikan ke petugas gangguan masing-masing.


3.1.5 Kesehatan dan Keselamatan kerja

Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan keadaan dimana seseorang merasa nyaman, aman dan sehat dalam menunaikan tugas kerjanya masing masing dan melaksanakan prosedur kerja dengan tata cara yang baik dan benar sehingga terhindar dari kecelakaan saat bekerja.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memulai pekerjaan agar tercapai kesehatan dan keselamatan kerja diantaranya:

1) Berdoalah sebelum bekerja

2) Gunakanlah alat sesuai dengan fungsinya

3) Gunakanlah alat seperlunya saja

4) Tidak menggunakan alat yang belum tahu cara penggunaannya.

5) Berhati-hatilah dalam bekerja walaupun prakerin di PT Telkom Kandatel Cianjur tidak berbahaya tetapi yang harus diperhatikan adalah keselamatan barang-barang. Terutama komputer, jangan sampai rusak sebab jika merusaknya maka kita harus menggantinya sendiri, jika tidak maka akan di kenakan sanksi dan kemungkinan kita bisa diberhentikan dalam prakerin ini, dengan kata lain kita bisa dipecat, dan itu artinya kita harus mencari tempat prakerin lagi, jika kita tidak menemukan tempat prakerin yang baru, maka bisa tidak naik kelas dan mengulangnya tahun depan.

6) Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan.


3.2 Masalah yang Dihadapi dan Pemecahan Masalah

3.2.1 Masalah yang Dihadapi

Masalah tentunya selalu ada dalam setiap kegiatan yang dilakukan, begitu juga dengan praktik kerja industri. Masalah yang dihadapi mungkin karena perbedaan antara dunia kerja dengan dunia sekolah yang sangat jauh. Namun dengan adanya masalah-masalah yang dihadapi akan menjadikan proses pendewasaan bagi peserta didik demi tercapainya tujuan dari praktik kerja industri.

Adapun masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan praktik kerja industri diantaranya:

1) Kurangnya hubungan interaksi antara peserta didik dengan staf karyawan di tempat kerja, adanya rasa canggung sehingga menyulitkan untuk saling berkomunikasi. Perbedaan yang jauh antara dunia kerja dan dunia sekolah, menyebabkan rasa asing ketika memulai praktik kerja industri. Karena tidak dapat dipungkiri ketika memulai praktik kerja industri tidak ada orang yang dikenal dan belum mengetahui bagaimana lingkungan kerja itu sebenarnya, sehingga membuat bingung dan sungkan untuk mengerjakan sesuatu.

2) Pekerjaan yang didapatkan atau dikerjaan kurang sesuai dengan tuntunan kompetensi jurusan. Pekerjaan yang didapatkan hanyalah seputar pemanfaatan PC untuk memudahkan pekerjaan. Misalnya mengetik data. Namun kompetensi yang harusnya dikuasai peserta prakerin pada saat melaksanakan praktik kerja industri dan telah menjadi program ketua jurusan teknik komputer jaringan dengan program pendidikannya ternyata tidak didapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan,

misalnya instalasi sistem operasi, software, dll. tentunya menjadi suatu masalah untuk perkembangan kompetensi.

3) Timbulnya rasa jenuh dalam pelaksanaan prakerin dikarenakan tugas yang diberikan bersifat sama atau sama sekali tidak ada pekerjaan yang dilakukan.


3.2.2 Pemecahan Masalah

Masalah yang timbul tentunya akan menjadi kendala dalam pelaksanaan praktik kerja industri, akan tetapi dengan adanya usaha dan keinginan untuk menyelesaikannya sehingga dapat terpecahkan justru akan menjadi titik tolak dalam melatih mental di dunia kerja untuk proses pendewasaan. Begitupun dengan masalah-masalah yang terjadi dalam praktik kerja industri tentu harus dihadapi dan dicari pemecahannya. Adapun beberapa cara yang dilakukan dalam menghadapi masalah-masalah diantaranya adalah:

1) Meningkatkan interaksi dengan lingkungan kerja. Interaksi ini sangat dibutuhkan dalam adaptasi, karena dalam setiap lingkungan tentunya harus ada sebuah komunikasi sehingga proses pengenalan lingkungan akan didapatkan.selain itu menumbuhkan rasa ingin tahu misalnya dengan banyak bertanya kepada staf karyawan.

2) Pembimbing dalam memonitoring peserta didik hendaknya memantau perkembangan kompetensi peserta didiknya. Selain itu peserta didik juga hendaknya selalu berkonsultasi kepada pembimbing tentang kompetensi yang di dapatkan.

3) Buatlah suasana kerja yang nyaman agar peserta didik menyenangi pekerjaan yang di kerjakannya.


BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Setelah penulis melaksanakan praktik kerja industri di PT Telkom Kandatel Cianjur selama 4 (empat) bulan dan membuat laporan ini, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1) PT Telkom merupakan perusahaan pengelola layanan jasa informasi dan telekomunikasi serta sebagai perusahaan penyedia jasa yang melayanai jasa telekomunikasi dalam bentuk jaringan telekomunikasi secara lengkap (full service and network provider) yang terbesar di Indonesia. Jenis layanan yang diberikannya adalah layanan jasa telefon kabel (wireline) berupa Telefon Rumah Telkom dan layanan jasa telekomunikasi tanpa kabel (wireless) berupa FLEXI, dan sebagai penyedia layanan jasa internet serta jasa multimedia lainnya baik secara langsung maupun melalui perusahaan asosiasi, dan produk data dimaksud adalah layanan jasa Internet yaitu Telkomnet Instan dan SPEEDY.

2) PT Telkom Kandatel Cianjur telah melaksanakan kegiatan operasionalnya sesuai dengan SOP (Standart Operational Prosedur).

3) PT Telkom senantiasa melayani segala keluhan pelanggan dengan sebaik baiknya dan memeberikan layanan terbaiknya kepada seluruh pengguna jasa telekomunikasi sesuai tolak ukur.

4) PT Telkom telah menetapkan semua sistem operasional kerja secara online melalui internet (LAN/MAN dan WAN), sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pelaksanaan setiap pekerjaan.

5) PT Telkom menggunakan teknologi informasi dalam menunjang kegiatan operasionalnya sehingga mempercepat dan menjamin keakuratan data.

6) Seluruh karyawan PT Telkom dituntut untuk bekerja dan menjadi pegawai profesional dengan menunjukan dedikasi kerja sesuai job description yang telah ditetapkan perusahaan.

7) PT Telkom senantiasa melayani segala keluhan pelanggan secepat dan seakurat mungkin guna memuaskan para pengguna jasa telekomunikasi.

8) Materi yang dibahas dalam laporan ini, yaitu pengoperasian aplikasi SISKA untuk mencetak work order dan mendistribusikannya kepada petugas gangguan sebagai langkah awal penanganan gangguan telefon. Pengertian aplikasi SISKA adalah sebuah aplikasi internal telkom yang mengelola data pelanggan dengan sekuritas dan akurasi data yang tinggi, yang berfungsi untuk mengelola data-data yang ada mulai dari data jaringan, data pelanggan dan data abonemen pelanggan.

4.2 Saran

Pada kesempatan ini, penyusun berkenan untuk memberikan beberapa saran kepada pihak dunia industri dan pihak sekolah yang sekiranya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guna kemajuan di masa yang akan datang.

4.2.1 Saran untuk Sekolah

1) Pihak Sekolah (Lembaga Pendidikan) diharapkan dapat memantau kegiatan siswa yang sedang melaksanakan praktek kerja industri secara intensif sehingga segala kesulitan yang timbul dapat dipecahkan bersama.

2) Utamakan rasa bertanggung jawab dalam memonitoring siswa prakerin.

3) Pembimbing yang ditunjuk sekolah diharapkan dapat lebih mengoptimalkan profesionalismenya demi kelancaran kegiatan prakerin.

4) Setiap pembimbing yang ditunjuk sekolah sebaiknya dibekali pengetahuan yang memadai mengenai usaha yang dikelola dunia industri yang akan ditempati siswa/siswi prakerin sehingga mampu memberikan pengetahuan secara umum mengenai instansi perusahaan yang ditempatinya.


4.2.2 Saran untuk PT Telkom Kandatel Cianjur

1) Pelaksanaan praktek kerja industri ini akan lebih terarah apabila disusun melalui suatu jadwal yang harus dikerjakan peserta didik selama melaksanakan praktek kerja industri.

2) Pihak dunia industri diharapkan dapat menyediakan seorang instruktur khusus yang pada hari-hari tertentu agar dapat memberikan pelajaran teori yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan siswa/siswi sehingga dapat dimengerti dan memahami pekerjaan yang dilaksanakan.

3) Pihak dunia industri supaya dapat lebih memberikan pekerjaan yang bermanfaat bagi siswa/siswi, agar jam kerja dapat diisi dengan penuh tanpa ada waktu kosong yang terbuang percuma.

4) Pihak dunia industri agar dapat mempertahankan rasa tanggung jawab dalam menjalankan setiap pekerjaan yang dibebankan.

5) Berikan dan tingkatkan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pelanggan

6) PT Telkom Kandatel Cianjur terus meningkatkan segala hal yang bertujuan untuk lebih mengembangkan segala usaha dalam mencapai terget yang telah ditetapkan perusahaan.


DAFTAR PUSTAKA

http://deboykersz.blogspot.com/2009/06/scan-upload-dan-operasional-siska.html

http://d-maemax.blogspot.com/

http://www.google.co.id/#hl=id&source=hp&q=aplikasi+siska+telkom&btnG=Telusuri+dengan+Google&meta=&aq=0&oq=aplikasi+siska&fp=fb71241bcfe8f9c5

http://www.scribd.com/doc/13968252/contoh-laporan-prakerin-psg-smk-tkj/

http://www.telkom.co.id/tentang-telkom/visi-misi/

http://www.3hwu.wordpress.com/2009/06/30/hello-world/


RIWAYAT HIDUP

image019


VINA HARTATI, itulah nama lengkapnya. Tidak jarang dipanggil dengan sebutan Ipin oleh teman-teman dekatnya, lahir di Cianjur, pada hari Rabu, 16 Desember 1992. Anak ke-empat dari 4 (empat) bersaudara pasangan Djadjang dan Karyati ini menetap di daerah berhawa sejuk mendekati dingin kawasan Puncak Cipanas bersama kedua orangtuanya.

Penyusun mengawali pendidikan formalnya di SD Negeri Ciloto, lalu melanjutkan di SMP Negeri 1 Cipanas, lulus pada tahun 2007. Saat ini penyusun tercatat sebagai siswi di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pacet dan duduk di bangku kelas XI (sebelas) mengambil program keahlian teknik komputer jaringan. Selain menjalani rutinitas hariannya sebagai seorang pelajar, penyusun juga pernah aktif bergabung dalam organisasi OSIS (organisasi siswa intra sekolah) dan RMA (remaja mushola).

Penyusun menerima saran dan kritik atas karya yang baru saja dirampungkannya ini ke alamat email: ibhebhek@yahoo.co.id atau vinahartati@ymail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Free Blog Templates

Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

Powered By Blogger
© Grunge Theme Copyright by TKJ HomeWorker | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks